Laman

Tuesday, October 16, 2012

UDARA YANG SEMAKIN PANAS

Akhir-akhir ini udara terasa semakin panas. Biasanya orang bilang kalau udara yang terasa panas ini bertanda bahwa akan turun hujan. Namun sekarang cuaca itu sudah sangat sulit untuk diprediksi. Cuaca seperti ini diakibatkan karena adanya Efek Rumah Eaca, ini bukanlah sebuah nama grup band. Efek Rumah Kaca ini adalah sebuah efek yang ditimbulkan oleh akumulasi dari gas karbondioksida (CO2). Karena terlalu banyaknyagas karbon ini lah yang nantinya akan mengakibatkan panas matahari yang masuk ke bumi tidak bisa dipantulkan keluar. Ini dapat kita ibaratkan ketika berada di dalam rumah kaca. 

Sebenarnya gas karbondioksida ini sangatlah dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan sebuah reaksi fotosintesis dalam pembentukan cadangan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan. Namun karena tumbuhan yang ada sekarang sudah mulai berkurang keberadaanya maka gas-gas yang berbahaya itu tidak dapat di serap semua oleh tumbuhan yang ada dibumi ini. 

Gas-gas penyebab efek rumah kaca ini ditimbulkan oleh gas-gas sisa pembakaran dari kendaraaan bermotor, asap-asap pabrik, asap pembakaran sampah, dll. hal yang dapat ditimbulkan dari terjadinya global warming ini adalah suhu bumi yang semakin meningkat, pencairan salju es di daerah kutub, udara yang semakin buruk  karena kelebihan karbon.

Efek rumah kaca Ini dapat kita hentikan dengan cara mulai mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, melakukan penanaman hutan atau melakukan pembuatan taman kota, untuk mengurangi kadar dari gas CO2 itu. Selain itu juga kita harus melakukan penghematan dalam hal penggunaan listrik dan bahan bakar minyak, karena apa??? Karena dalam pembangkit listrik itu juga akan menghasilkan gas karbon yang juga turut menyumbang terjadinya global warming. Bahan bakar minyak juga dapat menghasilkan gas karbon karena pada pembakaran sempurna bahan bakar minyak itu adalah menghasilkan karbondioksida


Itulah sedikit penjelasan kenapa udaraakhir-akhir ini terasa sangat panas daripada sebelumnya. Dan ternayata itu semua adalah ulah kita yang tak pernahsadar akan akibat yang ditimbulkan nantinya.

No comments:

Post a Comment